Home

Hibah Komunitas Kreatif II
untuk mendukung PNPM Mandiri Perdesaan dan PNPM Generasi

Batas waktu pendaftaran: 24 Juli 2013
Pengumuman hasil seleksi: 10 Oktober 2013 (melalui website Kelola)

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM Mandiri) adalah program nasional penanggulangan kemiskinan yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Yayasan Kelola,  bekerjasama dengan PNPM Mandiri dan PNPM Support Facility (PSF), meluncurkan Program Komunitas Kreatif II (KK-II) sebagai program pendukung PNPM Mandiri Perdesaan dan PNPM Generasi, melalui kegiatan proses pemberdayaan kreatif (Creative Empowerment Process) dan Hibah.

Hibah Komunitas Kreatif bertujuan mendorong gagasan-gagasan kreatif dari kekayaan kebudayaan Indonesia, yang memperkuat proses pemberdayaan masyarakat di PNPM Mandiri Perdesaan dan PNPM Generasi Sehat dan Cerdas.

Hibah ini akan melibatkan kelompok marjinal di tiga wilayah terpilih sebagai lokasi percontohan yaitu Kabupaten Bone (Sulawesi Selatan), Kabupaten Landak (Kalimantan Barat), dan Kabupaten Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat). Kelompok marjinal yang dimaksud adalah kelompok yang terpinggirkan karena persoalan agama, jender, etnis dan lain sebagainya, yang belum berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan maupun proses penggali gagasan dan pengambilan keputusan di forum PNPM.

Peraih hibah akan mendapatkan dukungan dana maksimal sebesar 80 juta rupiah dan akan dibantu untuk meningkatkan kapasitas peraih.

Hibah ini terbuka bagi lembaga seni budaya dan Lembaga Swadaya Masyarakat di Indonesia maupun perorangan yang memiliki ide/gagasan kegiatan kreatif berupa pementasan, pameran, pemutaran film, konser musik, festival rakyat, festival kampung, pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan, pelatihan untuk menumbuhkan kesadaran kesehatan, pendidikan, dan lainnya –  selama kegiatan terkait dapat membuktikan peningkatan partisipasi masyarakat di PNPM Mandiri Perdesaan dan PNPM Generasi Sehat dan Cerdas. Kegiatan kreatif tersebut harus diselesaikan paling lambat pada 24 Februari 2014.

Untuk melamar, Anda perlu mendapat formulir yang bisa diperoleh melalui:
1.     Email: creativecommunities.kelola@gmail.com
2.     Sms ke nomor HP: 0878 8154 407

Cantumkan alamat email/nomor faksimili/alamat pengiriman dan formulir akan dikirimkan kepada Anda.

Informasi lengkap Hibah Komunitas Kreatif II, kunjungi: http://www.kelola.or.id/news/detail/?id=329

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s