Home

Invitation to Participate in the Project VISION OF A SOCIAL EVOLUTION

Hormat Ibu dan Bapak,

Saya ingin mengundang Ibu / Bapak untuk partisipasi menjadi bagian interaktif dari proyek VISI EVOLUSI SOSIAL.

Proyeknya berbentuk paviliun dari gelas dengan obyek hybrid 3-dimensi yang dijahit di dalam dan projeksi video. Dengan proyektor akan proyeksi visi orang-orang sebagai loop di atas obyek. Proyek tersebut disupport oleh pihak luar negeri Jerman dan ARTSociates Lawangwangi di Bandung. Waktu realisasi dari Juli sampai September 2013. Pembukaan akan berlangsung 07. September 2013 di ARTSociates, Bandung.

Tolong memberi catatan, sketsa, foto atau media lain via mail, pos atau fax samapi 17. Augustus 2013 tentang visi Anda untuk masa depan sosial manusia nasional lalu global. Saya ingin menunjukkan visi orang-orang tentang masyarakat global/nasional kepada umum. Catatan-catatan akan diterjemahkan ke Bahasa Jerman, Inggris dan Bahasa Indonesia. Filem dari proyek dan loop akan diupload di youtube biar Anda bisa forward ke teman-teman juga.

Hal yang diberi bisa mengucapkan nama atau anonym.

Saya akan merasa terhormat kalau Anda akan berpartisipasi di dalam proyek

VISI EVOLUSI SOSIAL dan membantu kesuksesan acaranya!

Anda akan diundang ke acara pembukaan awal September di Lawangwangi Bandung. Kalau tidak ada kesempataan untuk menghadir Bapak / Ibu akan dikirimkan link di youtube yang ada filem proyek dan semua episode dari loop. Serta nama-nama peserta akan disebutkan di bukaan dan di akhir filemnya.

Format data

Catatan : max. setengah lembar / 250 kata

Sketsa : max. satu lembar A4 biar mudah digitalisasi dan scan.

Foto : paling bagus 300 dpi biar jelas

Konsep Proyek

Indonesia adalah negara dalam transisi. Hegemoni budaya industri terus meningkat dengan sangat pesat. Dunia Industri yang selalu menawarkan produknya dengan sangat praktis, instan, serta dengan penawaran yang sangat menggiurkan berdampak pada ilusi kemajuan. Individu-individu mudah terpengaruh menjadi konsumen.

Konsumen yang sadar tidak akan menjadi korban dari kebutuhan yang dibuat oleh pihak luar. Melalui menjadi konsumen yang sadar dan mengorganisasikan di dalam kelompok kecil yang mempunyai kesamaan minat bisa mendukung perkembangan demokrasi secara langsung.

Kesadaran merupakan syarat utama untuk sosial evolusi, termasuk di dalam kehidupan spiritual. Indonesia di dalam konteks sejarahnya, memiliki potensi besar untuk evolusi sosial, karena merupakan negara dengan tradisi spiritual yang berlangsung sudah lama. Negara yang berdasarkan Pancasila, pada sila pertama menetapkan bahwa setiap warga negara harus berkeyakinan atau beragama. Tetapi keinginan untuk munuju kesuksesan di dalam konsumeris meritokrasi menjauhkan kehidupan kespiritualan.

Ketika individu melihat dirinya sendiri saling terkait dengan masyarakat global, di masa datang nationalisme hanya dipandang sebagai sesuatu yang marjinal. Melalui pertukaran informasi dan kesadaran orang-orang menjadi bagian dari kesatuan.

Kesatuan tersebut dengan segala perbedaan aspeknya, akan saya simbolkan dengan obyek hybrid di dalam paviliun. Saya akan mendorong kesadaran tentang kemungkinan-kemungkinan manusia yang sudah saya deskripsikan, dengan mengintegrasikan orang-orang di dalam proses kerja instalasi: secara langsung di lapangan, lewat facebook, e-mail dan media sosial lainnya. Saya ingin minta orang-orang dari berbagai profesinya untuk memberikan catatan, sketsa, photo atau media lainnya tentang kehidupan sosial di masa depan. Material yang sudah saya terima akan didigitalisasikan dan dibuat sebagai loop yang saya akan proyeksikan di atas obyek hybrid dengan beamer.

Instalasi VISI EVOLUSI SOSIAL

Instalasi tersebut terdapat dari paviliun yang diisi dengan obyek hybrid (karya 3-dimensi) dan proyeksi video. Paviliunnya akan dikelilingi oleh tanaman-tanaman. Paviliun itu akan dibangun dengan bantuan teknis dari penduduk setempat. Obyek tersebut menggambarkan suatu penggabungan dari kesadaran-kesadaran manusia. Ini adalah symbol dari lingkungan manusia yang berfungsi sebagai suatu organisme.

Lebar tubuh obyek sekitar 170 cm dan tingginya sekitar 150 cm, terdapat enam tubuh yang bagian atasnya menampilkan berbagai bentuk simbolis dari berbagai aspek manusia:

Orang Buta, Anak, Ibu, Penyembah, Pemarah dan Yang Menerangkan. Karakter Orang Buta dan Pemarah memakai topeng ekspresif yang diproduksi secara lokal oleh pengrajin Indonesia. Wajahnya para tokoh-tokoh lain akan saya lukis dengan campuran ink-akrilik, atau akan saya jahit tangan. Objek memiliki banyak kaki yang menunjuk ke arah yang berbeda-beda. Kaki-kaki menunjuk arah plural karena walaupun orang-orang sudah bersatu masih ada aspek-aspek individu. Pada siang hari, obyek hybrid diterangi oleh cahaya matahari, lampu dan proyeksi loop hanya akan dipakai pada malam hari untuk menekankan karakter obyek.

Saya akan menjahit dan merancang obyek hybrid dari canvas di dalam paviliun. Masyarakat mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi secara reseptif dan diskursif dalam proses kreatif.

Paviliunnya berwarna putih, bersegi enam, dan disekelilingnya akan ditanami dengan tumbuhan. Tanaman yang tumbuh, di satu sisi mencerminkan kesuburan flora di Indonesia dan di sisi lain menunjukkan kekuatan alam. Dalam setiap sisi paviliun terdapat jendela besar sehingga dari luar bisa melihat ke dalam tanpa harus masuk ke dalam paviliun.

Terima kasih atas waktu Anda untuk membaca konsep proyek

VISI EVOLUSI SOSIAL dan undangannya!

Salam budaya,

Franziska Fennert

Seniwati

www.franziskafennert.com
+62-858 687 45998

Mail Pos Fax
franziska.fennert@gmail.com VISI EVOLUSI SOSIAL @ARTSociates
Jl. Dago Giri N0.99,
Warung Caringin, Mekarwangi
Bandung 40391 – Indonesia
+62 22 250 4105

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s