Home
re-enactment sebagai eksperiment dokumentasi performance art.
Saya melakukan kembali performance Iwan Wijono “Free Market” (2007). Dokumentasi bisa dilihat pada pameran ini… mari mari silahkan datang ke Cemeti besok malam…
re_enacment
20 Desember 2013
Pembukaan, pukul 19.30
di Cemeti Art House / Rumah Seni Cemeti
Jl. D.I. Panjaitan 41, Yogyakarta 55143
________________________________________________
Pseudopartisipatif #1
Pameran-Presentasi-Pertunjukan dan Peluncuran Buku

Jumat, 20 Desember 2013 – 15 Januari 2014

20 Desember 2013
Pembukaan, pukul 19.30
Pertunjukan oleh Andy Sri Wahyudi (aktor mime) & Tony Maryana (komponis), pukul 20.30

29 Desember 2013
Pertunjukan Musik oleh Gatot Danar Sulistyanto (komponis), Warsono Kliwir bersama instrumen kreatif Bambu Wukir

15 Januari 2014
Pertunjukan oleh Agnesia Linda Mayasari (tari), Asita (aktor mime), Pandorarimaji (tari)
Peluncuran buku Pseudopartisipatif

Di Rumah Seni Cemeti
Jl. D.I. Panjaitan 41, Yogyakarta

Beberapa acara yang bersifat pameran dan presentasi dokumentatif akan dibuka pada hari Jumat, 20 Desember 2013, pukul 19.30 dan selanjutnya dibuka untuk umum setiap hari mengikuti jam buka Rumah Seni Cemeti, berakhir pada hari Rabu 15 Januari 2014.

Beberapa acara yang bersifat pertunjukkan dan diskusi telah diatur menurut tanggal yang tercantum, jadwal waktu yang lebih rinci akan diumumkan melalui email.

Bagaimana sesungguhnya seniman itu mengapresiasi karya-karya sesama seniman, bagaimana seniman misalnya mengapresiasi sesama individu seniman atas dasar kekaryaannya? Apakah sebatas pada pola hubungan subyek ke obyek? Atau antar subyek? Kapankah subyek menjadi obyek, dan kapan obyek menjadi subyek? Bagaimana pula cara kerja pola hubungannya? Apakah dengan membeli, mengoleksi dan menyimpan? Apakah dengan mendokumentasikannya, menginventarisir, dan membuat kategori? Apakah dengan meniru, mencontoh dan menjiplak? Mungkin dengan mencatat dan menuliskan? Gabungan dari semua cara itu, mungkinkah subyek terinspirasi untuk memproduksi sendiri obyek dan subyek lainnya? Dari sana terbayanglah penciptaan, pembentukan pola-pola hubungan, antara subyek dan obyek. Berulang-ulang, simpang siur, tumpang tindih dan saling menemukan irama masing-masing. Pola dialog kegiatan apresiasi yang seperti ini, tentu melibatkan banyak pengambilan logika sebagai alat, menjadi analitis adalah konsekuensinya, mendorong kapasitas kesadaran intelektual seseorang/banyak orang bekerja secara penuh. Ini teori yang dibangun dari pengalaman, … dipatok menjadi harapan-harapan baru, menjadikannya pengalaman baru pula bagi pengambilan teori-teori selanjutnya!

Presentasi, pameran dan pertunjukkan ‘Pseudopartisipatif #1’ ini merupakan petilan pendek dari rangkaian panjang Proyek Pseudopartisipatif yang berlangsung sepanjang tahun 2013. Pameran, presentasi, pertunjukan dimaksudkan sebagai upaya menjaga respon-respon segar tak terduga, dokumentatif sekaligus eksperimentatif, dialog-dialog ‘pseudo-komunikasi’ partisipatif antar partisipan dan media-medianya. Justru mulai terjadi pada beberapa spot kecil-kecil di atas permukaan penampang irisan tengah seluruh bentuk proyek ini. Acara ‘Pseudopartisipatif #1’ akan berharap disambung dengan Pseudopartisipatif #2, dan seterusnya.

Enam proyek seni partisipatif ini merupakan terjemahan sederhana oleh tujuh orang seniman dari 15 seniman partisipan terhadap hasil-hasil investigasi artistik mereka, yang selanjutnya diterbitkan menjadi buku dokumentasi Proyek Pseudopartisipatif.

Proyek Pseudopartipatif, merupakan platform terbuka, menginisiasi dan menggagas permenungan reflektif, merunut dan merancang ulang variasi alternatif proses penciptaan dan kerja kesenian. Mengasumsikan independensi kedaulatan ekpresi, seakan-akan ‘terpisah’ dari perputaran mekanisme menajemen korporasi industri budaya. Proyek antar generasi ini merekrut keterlibatan seniman lintas disiplin dan lintas media (perupa, penari, musisi dan teater dan video). Mengaplikasikan pendekatan bertahap/berjangka dalam setahun melalui kurikulum ‘artistic retreat’, ‘artistic investigation’, ‘focussed group discussion’; berakhir pada penciptaan kerja seni partisipatif. Harapan dan klaim sederhana yang dipatok pada proyek ini adalah advokasi dan revitalisasi keragaman etik dan estetik kesenian lokal. Partisipan yang telah menyelesaikan seluruh kurikulum investigasi, presentasi dan penerbitan buku adalah Gatot Danar Sulistiyanto (Komponis-Musikolog), Andy Sri Wahyudi (Penulis-aktor Mime), Muhamad Yusuf (Pelukis-Grafis), Wimo Ambala Bayang (Fotografer-Video), Bambang Toko (Pelukis-Komik), Luqi Lukman (Grafis), Terra Bajraghosa (Pelukis-Komik-Video), Mulyakarya (Kelompok penggiat komik), Setu Legi (Instalasi-Pelukis), Jompet Kuswidananto (Instalasi dan Penata Panggung), Melati Suryodarmo (Performance), Zulhiczar Arie (Videografer), TheDeoMixBlood (Toys Custom), Linda Mayasari (Penari-Aktor Teater), Nindityo Adipurnomo (Pelukis-Instalasi) dan Naomi Srikandi (Aktor Teater-Penulis) sebagai pengamat di luar partisipan.

Pseudopartisipatif #1: Melati Suryodarmo dengan video re-enactment dari, performance art karya Iwan Wijono berjudul “Free Market (2007)”; Agnesia Linda-Asita-Pandorarimaji dengan alih wahana komik pada penciptaan dan penataan gerak/tari; Andy Sri Wahyudi dengan ‘performance’ pada musik-musik komposisi Tony Maryana; Gatot Danar Sulistiyanto/Warsono Kliwir/Nindityo Adipurnomo dengan terjemahan bebas media pada instrumen musik nusantara Bambu Wukir; Terra Bajraghosa dengan video interaktif respon video-video dokumentasi Pseudopartisipatif, bersama Zulhiczar Arie dengan Teks-Audio dokumentasi Ace House Collective Group.

Program Penerbitan Buku Pseudopartisipatif #1 ini didukung oleh:
Dinas Kebudayaan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
—————————————————————–
Cemeti Art House / Rumah Seni Cemeti
Jl. D.I. Panjaitan 41, Yogyakarta 55143
Open: 09.00 – 17.00, Closed on Sunday & Monday
Telp/Fax. +62 (0) 274 371015
M. +62 (0) 812 273 3564
Website: 25years.cemetiarthouse.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s