Home

MENGENANG IBRAHIM SATTAH | Diskusi dan Pemutaran Film Island of flowers | Jumat, 24 Januari 2014 | 20:00 WIB |
filmflowers

Penyair Sattah mulai kita kenal, ketika puisi-puisinya dimuat dalam majalah sastra Horizon. Sekitar tahun 70- an. Kemudian dalam acara Pertemuan Sastrawan Indonesia 1974, ia lekas menarik perhatian karena penampilannya dalam membaca puisi secara unik dan segar. Dari karya-karyanya dan cara pembacaannya menimbulkan kesan kepada kita bahwa Sattah memiliki ciri-ciri tersendiri. Sementara itu juga menumbuhkan kesan yang mendalam, bahwa karya-karya Sattah banyak mengingatkan kita pada karya-karya Sutardji Calzoum Bachri. Umpamanya baris puisi ini [ diambil dari http://ibrahimsattah.blogspot.com/ ]

Film Pendek Island of Flowers (Portugis: Ilha das Flores) adalah 1989 Brasil film pendek Brazil tahun 1989 oleh Jorge Furtado. adalah cerita tentang jalan tomat dari kebun sampai ke pembuangan sampah sementara dengan bantuan sulih suara monoton dan koleksi gambar aneh. Sementara film yang sangat lucu, pesan itu memberikan tentang bagaimana manusia memperlakukan satu sama lain. Direktur sendiri telah menyatakan bahwa film ini terinspirasi oleh karya-karya antara lain Kurt Vonnegut dan Alain Resnais.
Film ini telah dikecam sebagai “materialistis” karena salah satu kredit awal menampilkan frase “Tuhan tidak ada”. Namun demikian, kritikus Jean-Claude Bernardet didefinisikan Isle of Flowers “film agama”, dan Konfederasi Uskup Nasional Brazil menganugerahi film dengan Margarida de Prata (Silver Daisy), menyebutnya “film Brasil terbaik tahun ini” pada tahun 1990. Pada tahun 1995, Isle of Flowers dipilih oleh para kritikus Eropa sebagai salah satu dari 100 film pendek yang paling penting abad ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s