Home

surviveday

SURVIVE!day

3-6pm menggambar bersama
(Bawa alat gambarmu apa saja itu, kita menggambar bersama dan berbagi cerita)

Merchandise
3-11pm garage sale untuk semua kaos SURVIVE! Murah meriah 50ribuan

DOC.movie
7-11pm Program “Apa Kabar(Seni)Indonesia” bersama Komunitas Dokumenter
The Art of Bob Sick
Buruh Seni
Begini lho Ed

Catatan Kuratorial
Apa Kabar (Seni) Indonesia?
Bourdieu melihat dunia seni seperti jagat kecil yang menghidupi dirinya sendiri, namun tidak menutup kemungkinan untuk tetap dapat bersinggungan dengan “dunia luar”, yang menurut Bourdieu persinggungan ini berlaku indirect. Persinggungan secara tidak langsung ini membuat seni tumbuh dan terus berkembang seiring dengan lingkungan dimana ia hidup. Dalam hal ini, kita akan melihat bagaimana seni berpengaruh dan dipengaruhi oleh konteks disekitarnya.
Membicarakan dunia seni dan persinggungannya dengan “dunia luar” menjadi menarik ketika kita menempatkan seni dalam konteks sosial yang tampak samar-samar, seolah abu-abu, atau justru semakin berwarna-warni sebagai akibat aneka rupa percampuran budaya. Apa Kabar (Seni) Indonesia? akan melihat Indonesia sebagai habitat dimana seni hidup.
Tidak bisa dipungkiri, Indonesia merupakan salah satu negara target pasar dari industri global. Konsumsi merebak di segala sektor yang mereproduksi budaya. Lalu bagaimana seni hidup dalam penyesuaian dan atau perlawanannya? Forum Film Dokumenter bersama dengan SURVIVE! Garage menyajikan “The Art Of Bob Sick” (2006), “Buruh Seni” (2012), dan “Begini Lho, Ed!” (2013) sebagai alat teropong perkembangan sosial budaya yang bersinggungan dengan proses kreatif kesenian. Ketiga film dokumenter yang mengangkat tema seni rupa ini memiliki karakteristiknya masing-masing dalam menunjukkan gesekan dengan dunia di luar dunia seni. “The Art Of Bob Sick” memaparkan proses kreatif Bob Sick sebagai seniman, sementara “Buruh Seni” menunjukkan interaksi seniman dalam produksi karya seni di ruang-ruang publik. Namun interaksi ini sendiri tidak hanya berhenti dalam tataran produksi saja, namun bagaimana waktu sebagai satu entitas memberi pemaknaan “baru” yang terus-menerus terhadap keberadaan karya seni, seperti yang direkam dalam “Begini Lho, Ed!”.

LSD (Let’s Screen Docs) adalah program pemutaran dokumenter yang dikelola oleh Forum Film Dokumenter (FFD). Program ini bekerjasama dengan lembaga dan komunitas lain untuk memperlebar ruang pemutaran dokumenter agar tepat sasaran dan menjangkau khalayak luas. Semua film yang diputar dalam program ini adalah film arsip FFD yang telah terkumpul sejak tahun 2002.

Sampai jumpa besok.
Nongkrong dan berbagi.
Di SURVIVE!garage
Jl Bugisan Selatan Bo 11, Kasihan, Bantul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s