Home

japan

Agenda Galeri Nasional

JAPAN : Kingdom of Characters: Pameran Budaya Pop Jepang

Pembukaan, Selasa 4 Maret 2014 Pukul. 19.30

Pameran 5 – 23 Maret 2014
Pk.10:00-19:00 | Terbuka untuk UMUM. GRATIS.

Lektur9 Maret 2014. Pk.13:00-16:00 ‘Experiencing Japanese Language throughg Characters’ by Ken MORIBAYASHI (The Japan Foundation)
16 Maret 2014:pk.14:00-16:00 ‘Character Business’ by Kohey HARA (Tokyo Gets) Info : The Japan Foundation, Jaklarta (021) 520-1266

Siapapun yang sudah pernah ke Jepang pasti memiliki pengalaman menarik dengan melihat banyaknya atribut anime dan manga di setiap sudut kota. Tidak hanya Akihabara dan Harajuku yang dikenal sebagai wilayah yang dipenuhi gambar karakter, Hello Kitty dan Pokemon dengan mudahnya dapat ditemui di setiap supermarket dan toko cindera mata di seluruh pelosok Jepang. Fenomena karakter ini kemudian berlanjut pada terjangkitnya orang dewasa di Jepang terhadap film-film animasi produksi studio Ghibli dan figur Mobile Suit Gundam.

Itu semua baru sebagian kecil dari apa yang dapat anda saksikan dalam pameran “Japan, the Kingdom of Characters”ini.

Sejarah Jepang 60 tahun terakhir sejak berakhirnya Perang Dunia ke-2 mungkin bisa menjelaskan keterikatan Jepang dengan karakter-karakter tersebut. Penyebaran karakter manga yang luas melalui TV, games, dan internet, tentunya juga berpengaruh sangat besar dengan kehidupan masyarakat Jepang. Eksistensi dari merchandise bergambar karakter Jepang pun tidak kalah kuatnya. Berawal dari mainan figur dan alat tulis, kini gambar-gambar karakter bisa ditemui pada berbagai macam barang hingga aksesoris dan iklan-iklan produk/jasa. Perlahan-lahan karakter-karakter tersebut menjadi bagian dari kehidupan serta bergeser dari konsumen anak-anak ke orang dewasa, keluarga ke individu, dan entertainment ke kebutuhan psikis.

Akar dari semua kecintaan masyarakat terhadap karakter ini adalah keunikan, serta estetika tradisional yang terbentuk melalui gambar 2 dimensi, penyingkatan, simbol, dan penyederhanaan. Hal ini membuat kita berasumsi bahwa ada keterikatan sejarah antara periode zaman Edo sebagai asal muasal teknik lukisan ukiyo-e dengan masyarakat kontemporer Jepang yang menganggap karakter anime dan manga sebagai sosok nyata.

Melalui pameran ini anda akan diajak untuk mengintip kamar remaja perempuan Jepang yang sarat akan pernak-pernik Hello Kitty yang lucu, bertemu dengan Gundam sebesar lebih dari 2m, Ultra Man, Pokemon yang lucu dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s