Home

Pemutaran Bulanan 10th Festival Film Dokumenter danSURVIVE!garage
Rabu, 26 Maret 2014 | 19.15 WIB

Apa Kabar Indonesia? #Politik

Foto-foto itu Hadir Kembali.
childrenofnation
Para caleg hadir kembali, calon-calon presiden mulai tersenyum di pinggir-pinggir jalan. Setidaknya, gambar-gambar bisu ini dapat mengingatkan kita, bahwa mereka ada, tapi entah dimana. Kehadiran kembali muka-muka mereka di pinggir jalan, menandai dimulainya musim kompetisi dalam pemilu 2014. Kompetisi memperebutkan hati rakyat dengan memajang janji politik dan pengabdian. Setelah masa kampanye berakhir dan pemilu selesai, poster dan baliho mereka akan menghilang lagi, muka mereka akan lenyap, berikut janji yang terpasang dalam poster masing-masing.
Indonesia pernah bermimpi menjadi negara demokratis yang besar dan agung. Setelah Orde Baru tumpas, mimpi ini seolah mendekati kenyataan. Suara rakyat dianggap semakin valid karena rakyat berhak menentukan pilihan mereka dengan bebas. Namun, bagiamana proses ini berjalan? 15 tahun setelah reformasi, dinamika apa saja yang mewarnai negri ini? Apakah reformasi serta-merta membawa perubahan gaya berpolitik?
______
Forum Film Dokumenter pada bulan Maret ini bekerjasama dengan SURVIVE! Garage akan mencoba melihat dinamika Pemilu Indonesia. Children of Nation, karya Sakti Parantean menjadi medium pengingat yang mutakhir tentang pemilu di Indonesia. Children of Nation menceritakan bagaimana proses tarik menarik simpati ini berlangsung selama berbulan-bulan. Janji-janji kampanye para calon berada di berbagai saluran televisi, baliho, dan reklame. Children of Nation menjadi satir atas candaan politik yang menggemaskan, sekaligus komedi gelap atas situasi elit politik. Melalui film ini, kita akan sama-sama melihat masa lalu, sekaligus memprediksi apa yang akan terjadi saat pemilu mendatang. Selamat menonton.

Children Of A Nation
Sutradara : Sakti Parantean
Negara : Indonesia
Tahun : 2013
Durasi : 77 menit
Sinopsis :
Sebuah negara menjadi pusat perhatian demokrasi dunia pada tahun 2009. Indonesia, negara yang baru menapakkan kakinya dalam kehidupan ber-demokrasi mendapatkan sebutan sebagai salah satu negara terbaik yang dapat menyelenggarakan pemilihan umum secara demokratis. Demam demokrasi dan “pilpres” terekam dalam setiap nafas bangsa ini. Kondisi ini juga semakin dihangatkan dengan pemberitaan media dan kampanye politik yang semakin agresif. Baru saja 10 tahun lalu, dunia menyaksikan kejatuhan Suharto yang dipicu oleh gerakan reformasi mahasiswa. Sekarang, bangsa ini menjadi saksi mata pertarungan ‘orang-orang kuat’ untuk memperebutkan tampuk kekuasaan yang juga melibatkan beberapa mantan Jendral dengan jejak rekam khusus dalam hal pelanggaran Hak Asasi Manusia. Persis seperti seorang anak kecil, bangsa ini belajar untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik.

Jadwal:
Rabu, 26 Maret 2014 | 19.15 WIB
Lokasi: SURVIVE! Garage (Jl. Bugisan Selatan 11, Bantul, Yogyakarta 55181)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s