Home

“Negasi Negatif”
oleh:
Zaenal Abidin & Sigit Ramadhan

Pembukaan (Open Studio):
Jumat, 28 Maret 2014
Pkl. 19:00 WIB
Kegiatan berlangsung hingga 04 April 2014

Workshop Seni Grafis Cetak Tinggi:
Minggu, 30 Maret 2014
Pkl. 14:00 WIB

Roemah Seni Sarasvati (RSS)
Jl. Jend. Sudirman no.137
Bandung

RSVP Workshop:
+62 22 423 2986 (RSS)
+62 82 118 47 9966 (Nala)

negasinegatif

Progress Project Maret 2014: Negasi Negatif. Seni Grafis, sama seperti cabang seni rupa lainnya, secara sadar menggunakan keterampilan dan imajinasi kreatif untuk menciptakan objek-objek estetik. Sifatnya yang masal, atau dapat dikatakan memungkinkan untk di produksi secara masal, secara tidak sadar menjadi penunjang banyak kepentingan komersil yang digunakan sehari-hari dalam lingkungan publik.

Negasi Negatif merupakan sebuah gambaran dari proses seni grafis itu sendiri, dalam proses cetak-mencetak penggunaan istilah negasi memang jarang digunakan. Namun proses yang berawal dari pembuatan negatif untuk menghasilkan image-image karya, menggambarkan bagaimana kontradiksi dari penggunaan kata ‘negasi’ dalam proses cetak-mencetak. Proses pembentukan cetakan (negatif) untuk menghasilkan image karya (positif), mungkin kurang lebih seperti itu maksud dari ‘Negasi Negatif’ yang akan diceritakan oleh Zaenal Abidin dan Sigit Ramadhan dalam proyek-nya kali ini.

Progress Project, merupakan sebuah program yang diinisiasi oleh Roemah Seni Sarasvati yang bertujuan untuk mempresentasikan proses berkarya milik seniman. Program ini bertujuan untuk membangun sebuah komunikasi yang lebih mendalam antara seniman dengan publik dalam proses kreatif-nya.

Zaenal Abidin (Cenhung), lahir di Bandung 11 Mei 1985. Zaenal merupakan lulusan studio grafis di Jurusan Pendidikan Seni Rupa, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Pameran tunggal pertamanya diadakan pada tahun 2009 di Niagara Sarang Setan dengan judul “Cetak Jalan-Instant”, selain itu dia juga sempat beberapa kali diundang dalam event pameran bersama, diantaranya, “Mail Art International. Economics” di Richmond Art Gallery Canada di tahun 2011 dan “2nd Biennale Screen Print NBC” Tokyo, Jepang pada tahun 2009. Saat ini Zaenal masih aktif dalam berbagai kegiatan seni rupa, khusunya di kota Bandung. Project besar yang masih digelutinya hingga saat ini adalah pengelolaan limbah industri kulit untuk eksplorasi material dengan aplikasi seni grafis, untuk kegiatan tersebut, Zaenal aktif dalam melakukan workshop seni grafis dengan orientasi pada kerajinan (craft).

Sigit Ramadhan, lahir di Bandung 8 April 1989. Sigit tercatat sebagai salah satu mahasiswa Program Pasca-sarjana di Jurusan Seni Rupa, FSRD Institut Teknologi Bandung (ITB). Beberapa karyanya sempat masuk dalam finalis Bandung Contemporary Art Award #2 di Lawang Wangi Art & Science Estate Bandung. Di luar kesibukannya sebagai mahasiswa pasca-sarjana, Sigit masih aktif mengikuti beberapa kegiatan pameran baik di kota Bandung maupun di kota-kota lainnya. Beberapa kegiatan pameran yang pernah diikuti oleh Sigit adalah, Trienale Seni Grafis IV 2012 di Bentara Budaya Jakarta dan [Non]-Expression Visual Art Exhibition di Taman Budaya Jawa Tengah, Surakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s