Home

STREET ART FESTIVAL “SURABAYA x PARIS”
EXHIBITION | BAZAAR | GRAFFITI JAM | STREET ART TOUR
14 – 17 APRIL 2014

streetartfest

Street Art Festival “Surabaya x Paris” digelar oleh IFI Surabaya bekerjasama dengan Ayorek, sebuah platform yang membantu memproduksi dan mendistribusikan pengetahuan perkotaan serta mempromosikan aktivitas kehidupan kota Surabaya. IFI Surabaya mengundang seniman graffiti asal Paris, Prancis, DEZER (Martin Dezer), yang juga seorang Disc Jockey (DJ Marrrtin), untuk berpartisipasi dalam festival.

Surabaya x Paris terdiri dari : pameran, art bazaar, graffiti jam, artists’ talk, hiphop action, dan street art tour. Pameran di Galeri AJBS berlangsung pada 16 -17 April 2014. Pembukaan festival : Rabu, 16 April, pukul 18.30 di Galeri AJBS. Acara pembukaan akan dimeriahkan dengan artists talk dan DJ Performance. Peserta pameran pada festival ini menggeluti seni graffiti: Dezer (Prancis), Pino, Sleepy One, Tank, ADR1, Daskee Fsk, Levina Isada (Surabaya). Bazaar diikuti oleh Blstd, Slug, Fullfreedom, Monkeys, Eek, Adrmerch. Graffiti jam oleh seniman Prancis (Dezer) dan 5 seniman muda asal Surabaya (Pino, Sleepy One, Tank, ADR1, Daskee Fsk).

PROGRAM STREET ART FESTIVAL “SURABAYA x PARIS”
14 April Street Art Tour bersama Manic Street Walkers, pk. 16.00 di Taman Apsari
16 April Graffiti Jam, pk. 09.00 – 15.00 di Jalan Baruk Utara
Pembukaan festival pk. 18.30 di Galeri AJBS: artists’ talk,
DJ Performance by Ayren Mayden & Marrrtin Dezer
17 April Penutupan : art bazaar, hip hop action by Fadelahoya & Bonky n LTK

Marrrtin Dezer
Seniman grafitti sejak tahun 1991 dengan nama Dezer, Produser, Beatmaker, Disc Jockey (DJ) pada battle (kejuaraan) tari breakdance. Penyelenggara acara soul funk dan menangani rilis album dari label musik “STEREOPHONK”, Marrrtin Dezer, atau di kalangan seniman graftiti dikenal dengan nama Dezer, menjadi anggota dari grup FUNKY BIJOU, Lord Paramour dan Aktshun.
https://soundcloud.com/dirtydezer

ADR1
Andrey Ernata Putra memulai perjalanannya dari satu tembok ke tembok lainnya dari tahun 2005 di Surabaya dengan nama ADR1. Mulai tertarik dengan gaya 3D sejak tahun 2007. Di tahun 2008 bergabung dengan MNC (Monica Never Comes). Pada tahun 2013, ADR1 diundang untuk menjadi bagian dari ZNZ (Zinc Nite Crew) worldwide team. ADR1 terus berkembang menjadi seorang seniman graffiti 3D yang dikenal secara internasional.
http://adr1-mnc.blogspot.com

Daskee Fsk
Denny yang dikenal dengan nama DSK mulai menulis graffiti di tahun 2004. DSK bergabung dengan grup graffiti seperti NAW, FSK, GU. DSK telah bergabung menjadi writer untuk acara graffiti jam seperti Illegallery (#1, #2, #3), Street Dealin’, Unity Style, Walllords, dan banyak acara lainnya di Indonesia. Karya graffiti DSK juga dibuat secara manual di media kain seperti t-shirt.
http://dskthisdaskee.tumblr.com

Pino
Mulai terjun di dunia graffiti di akhir tahun 2007. Awalnya Pino tidak terikat oleh sebuah crew, Pino menggambar di jalanan Surabaya sendirian tapi itu cukup banyak resiko. Tahun 2008 Pino bergabung dalam sebuah crew yang cukup besar di Surabaya yaitu Artclinic yang biasa disebut dengan Arcboys. Selanjutnya Pino bergabung dalam Gembel Urban (Indonesia), Arcboys (Indonesia), Koalas Crew (Jerman), BHM (Indonesia), DTV (Indonesia), TER (Prancis).
www.flickr.com/pinopinopino

Sleepy One
Memakai nickname Sleepy, mengenal dunia graffiti mulai tahun 2006. Aktif menggambar di tembok kota Jakarta, Yogyakarta, Solo, Malang, Batu, Pacitan, Tuban, Gresik, Sidoarjo, Madiun, dan Surabaya. Telah berpartisipasi di Biennale Jatim dan banyak acara graffiti jamming lokal dan nasional. Pernah memenangkan lomba graffiti tingkat lokal dan nasional. Sleepy membentuk komunitas graffiti di Surabaya bernama Artclinic (Arcboys) dan tergabung dalam komunitas graffiti se-Jawa yaitu Gembel Urban.
http://instagram.com/sleepysleep01

Tank
Seniman graffiti asli Surabaya, Indonesia yang biasa dipanggil Tank ini melekat erat dengan budaya “Cak”. Human Act Humble (HAH) adalah visinya, Full Freedom adalah inti pergerakannya untuk membuat dunia semakin berwarna, dan “salam satu nyali, Jancok” adalah kekuatannya. Tank bergabung dalam sAs sebagai wadah kreatifnya.
http://instagram.com/tankids

Levina Isada
Levina Isada, yang dikenal dengan sebutan Lev, mulai mendalami karya dalam bidang ilustrasi semenjak 6 tahun lalu ketika masih duduk di bangku SMA. Ciri khas yang terlihat dari karya-karyanya adalah suasana gloomy, grunge, dan realis. Saat ini, ia masih menjadi salah satu mahasiswa di UK Petra Surabaya dan sedang menjalani Tugas Akhir.

Kontak :
– Anitha Silvia (Ayorek!) : 085 645 438964
– Pramenda Krishna A. (Budaya & Komunikasi IFI Surabaya) : +62 81 331 487 498

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s