Home

kretekSampai jumpa dengan Indie Book Corner di Jakarta. Kami hadir bersama buku-buku dan kegiatan kami di acara ini. Mendukung kretek sebagai warisan budaya, penopang ekonomi bangsa dan tentu saja karya seni. 
——

Selain unsur tembakau, yang khas dari komposisi rokok kretek tentu saja campurannya: cengkeh dan kapulaga. Unsur-unsur itulah yang membuat aroma kretek begitu istimewa–kreasi yang tradisinya telah turun-temurun di Indonesia. Komoditas yang seluruh kontennya tersedia di dalam negeri ini, telah hidup dan berkembang ratusan tahun.Tak berhenti di situ, kretek bahkan menyumbang uang yang tidak sedikit untuk negara modern bernama Indonesia. Penerimaan pendapatan negara dari industri ini, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pendapatan dari sektor migas.

Ironisnya, di tengah musim pemilu yang konon merupakan pesta demokrasi, ribuan buruh kretek kehilangan pekerjaan. Kampanye regulasi anti rokok yang dimulai di negara-negara maju, perlahan-lahan mulai menggoyahkan industri kretek. Perusahaan-perusahaan multinasional bergerak cepat untuk menguasai perusahaan-perusahaan rokok Indonesia, mendatangkan mesin- mesin pencetak rokok mengganti sentuhan tangan para buruh kretek. Dan di sisi lain, perusahaan-perusahaan farmasi internasional yang berdiri di belakang kampanye anti tembakau, mulai menyiapkan produk-produk terapi anti nikotin, yang siap dipasarkan demi meraup potensi keuntungan melimpah. Aktivitas merokok dikriminalkan secara sistematis.

31 Mei yang kerap disebut sebagai hari puasa para perokok sedunia, yang dicetuskan oleh WHO, merupakan bagian penting dari agenda penghancuran industri kretek. Pada hari itu, sudah bisa dipastikan, kelompok anti rokok sibuk berkampanye dengan topeng kesehatan. Kampanye ‘hidup sehat’ digunakan sebagai pembenaran. Siasat pengalihan konsumsi diolah-kemas, dimonopoli secara “ilmiah” dan sophisticated.

Bukanlah tanpa pijakan jika kemudian Komunitas Kretek bersama komunitas lainnya bersinergi dalam mewujudkan Tribute to Kretek. Ketika problem utama wacana kebudayaan kita masih disuntuki oleh pertanyaan tentang keberpihakan, maka lewat acara inilah tanda tebal keberpihakan terhadap kretek didedikasikan. Sejumlah pesan kreatif pada kaos dan poster dipamerkan. Tiga puluh lebih komunitas, dari beragam latar belakang turut ambil bagian. Tribute to Kretek adalah sebuah upaya estetik dalam kerangka menggugah, sekaligus menggugat khalayak, akan pentingnya keberpihakan terhadap kretek Indonesia, yang terancam dipunahkan oleh kepentingan modal asing.

Ketika seni angkat bicara. Pesta Komunitas Nusantara: Tribute to Kretek bukan pesta biasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s